Kamis, 10 Mei 2012

cara Rajin Belajar

Belajar??? Apa sih itu belajar??  Sepertinya kata-kata itu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Belajar merupakan aktivitas dalam rangka untuk mengembangkan potensi dirinya baik itu menyangkut aspek kognitif afektif, konatif, maupun psikomotorik, melalui interaksi dengan lingkungan hidupnya.
Hmm...buat adek-adek atau kakak-kakak,,memanajemen waktu buat belajar juga penting loh?!? biar belajarnya lebih efektif, alias nggak SKSD echhh salahhh SKS maksudnya gak pake D, atau bahasa anak muda jaman sekarang sich Sistem Kebut Semalam. Sebenarnya sistem belajar yang seperti ini benar gak efektif sich, tp tetap dibudidayakan oleh remaja-remaja kita terutama usia-usia sekolah seperti ini. Selain materi yang dihafalkan cepet ilang dari memori jika udah nggak kepakai, juga nggak baik buat kesehatan kita, karena dengan sistem seperti ini kita pasti akan tidur larut malam. Karena tidur terlarut malam atau
begadang akan mempengaruhi kerja otak dan kurang tidur juga dapat mempengaruhi meningkatnya hormon stress, yang bisa saja menghambat regenarasi sel pada otak dewasa. Selain itu karena kekurangan tidur seseorang bisa menjadi pelupa dan menurunkan tingkat konsentrasi. Maka mengenali cara belajar yang efektif untuk diri kita sendiri itu sangat penting. Kiat belajar yang efektif ini diambil dari buku Syamsu Yusuf L.N
  • Berdoalah sebelum belajar
  • Tanamkan sikap dalam diri bahwa belajar merupakan ibadah kepada Tuhan (tanamkan sikap ikhlas           dalam belajar.
  • Lakukan belajar (membaca buku, dan mengerjakan tugas) secara rutin (terjadwal)
  • Ikutilah semua mata pelajaran yang diprogramkan.
  • Kerjakanlah tugas-tugas sesuai waktunya. Karena kebanyakan dari kita suka menunda-nunda untuk     mengerjakan tugas, jika mendekati hari-H maka tugas tersebut baru akan dikerjakan.
  • Berdiskusilah dengan teman apabila ada materi yang kurang dipahami. Itulah fungsinya seorang teman bukan hanya sebagai teman bermain atau bertukar cerita, atau istilah gaulnya curhat. Tapi juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menambah ilmu apabila kita ada kesulitan dalam proses belajar.   
  • Berpartisipasilah secara aktif dalam proses belajar di kelas. Usahakan jika ada didalam kelas untuk ikut berpartisipasi bertanya misalnya jika ada sesuatu hal yang kurang dimengerti. Tidak hanya pasif mendengarkan guru berbicara saja.
  • Rajinlah membaca referensi (buku, majalah, internet)
  • Bersikaplah tegar apabila menghadapi kegagalan.
  • Bertanyalah kepada guru apabila ada masalah yang belum terpecahkan
Dan yang menurut saya juga penting adalah tentukan target yang ingin kita capai. Untuk dapat dijadikan motivasi agar kita dapat terus bersemangat dalam menggapai apa yang kita inginkan.



Cara Agar Tidak Malas Belajar : Rajin Belajar


Bagaimakah cara agar tidak malas belajar, atau bagi kamu yang merasa malas belajar mungkin ingin mengetahui tips agar rajin belajar. Berikut ini akan kita bahas beberapa cara menghilangkan rasa malas belajar untuk kamu yang masih harus menyelesaikan pendidikan di sekolah.

Dalam menjalani masa pendidikan, belajar kadang merupakan satu rutinitas yang menimbulkan rasa malas dan bosan untuk tetap konsisten melakukannya. Banyak faktor yang mempengaruhi mood belajar, baik itu faktor lingkungan, pikiran, maupun kata motivasi dari orang tua.

Belajar

Kita sendiri sebagai seorang yang masih harus meneruskan sekolah hendaknya memiliki kemauan yang kuat untuk belajar, nah berikut ini beberapa cara agar tidak malas belajar yang dapat kamu coba.

1. Berdo'a, segala sesuatu akan lebih baik jika kita awali dengan mambaca do'a. Berdo'alah sebelum dan sesudah belajar agar pikiran lebih tenang.

2. Mengubah susunan ruang belajar, suasana yang monoton bisa menjadi salah satu sebab kamu malas belajar. Ada baiknya untuk mengubah letak buku atau meja belajar kamu agar kelihatan lebih fresh.

3. Berganti posisi belajar, kalau biasanya kamu belajar sambil duduk, mungkin patut dicoba untuk berpindah ke ruang lain dan sambil berdiri atau jalan-jalan dengan tetap membaca buku. Namun hindari belajar sambil berbaring karena akan menyebabkan kamu ketiduran.

4. Menyegarkan suasana belajar, rutinitas belajar dapat kamu segarkan dengan menyediakan makanan ringan atau minuman seperti teh atau kopi untuk menyegarkan pikiran. Bisa juga dengan mendengarkan musik dalam volume yang pelan.

5. Menarik nafas panjang, ketika kamu sudah bosan belajar sedangkan tugas dari sekolah masih menumpuk, maka selingilah dengan menarik nafas panjang malalui hidung dan hembuskan lewat mulut. Hal itu akan membuat pikiran kamu segar kembali dan dapat meneruskan belajar.

6. Akhiri dengan do'a, seperti pembukaan, kegiatan belajar dapat kamu akhiri dengan berdo'a agar apa yang dipelajari dapat meresap kedalam hati dan pikiran.




3 komentar:

Nurul Safitri mengatakan...

(y)agree

calon konselor mengatakan...

makasih commentnya safitri :)
"Selamat Belajar"

Unknown mengatakan...

terlalu susah dilakukan kaak

Posting Komentar